Thursday 8 December 2011

Psychososial Support Program

Psychososial Support Program (PSP) ialah program dari PMI sebagai bagian dari tanggap pasca bencana untuk menggembalikan keadaan mental para korban bencana untuk kembali normal dan siap untuk menghadapi kehidupan kembali.
PSP yang dilakukan oleh PMR unit SMAN 1 Baleendah ialah PSP yang lebih ditujukan kepada para anak kecil dan remaja. Karena untuk ukuran seorang PMR dinilai belum mampu untuk menangani para orang dewasa, sebab para orang dewasa memiliki masalah yang lebih kompleks dan memiliki tingkat emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan para anak kecil yang masih lugu dan belum terlalu terkontaminasi dunia luar.


















Dalam pelaksanaan program yang dicanangkan oleh PMR SMAN 1 Baleendah sebagai salah satu rancangan programnya, PSP yang dilakukan telah dilakukan sebanyak 4 kali. PSP pertama di tempat pengungsian Gedung Juang; yang ke dua dilaksanakan di Sekolah SMAN 1 Baleendah dan sebagai peserta ialah para pengungsi UNIBA,INKANAS,dan KUARCAB; PSP ke tiga dilaksanakan di tempat pengungsian Gedung PDIP Kec.Baleendah;dan yang terakhir dan pamungkas dilaksanakan PSP gabungan berupa lomba menggambar,mewarnai,dan merangkai puzzel bagi anak-anak korban bencana dari tempat pengungsian di KNPI,INKANAS,UNIBA,Gedung Juang,dan Gedung PDIP.
PSP yang dilaksanakan tidakhanya melibatkan PMR Unit SMAN 1 Baleendah saja, akan tetapi juga melibatkan rekan PMR unit lain, diantaranya PMR Unit SMAN 7 Baleendah,PMR Unit SMP PGRI,PMR Unit SMAN 1 Ciparai, dan lain-lain. PSP ini juga didukung oleh PMI Cabang Kab.Bandung dan Mahasiswa dari AKPER Dustira.

No comments:

Post a Comment