Sunday 17 May 2015

Pencegahan Penyakit HIV/AIDS

Salam kemanusiaan . . .

Selamat datang para pengunjung sekalian. Bagaimana kabarnya ? Kami harap keadaan para pengunjung setia blog PMR unit SMA Negeri 1 Baleendah berada pada keadaan yang sehat dan berada dilindungan-Nya. Pada edisi posting hari ini kami akan membahas tuntas tentang penyakit yang sangat berbahaya dan mewabah sekarang, yaitu penyakit HIV/AIDS. Mari kita bahas bersama.

Gambar 01. Mari kenali penyakit AIDS

Mungkin kita selama ini beranggapan HIV/AIDS yang sekarang sangat trend merupakan singkatan dari suatu nama penyakit. Apakah betul demikian ? Pemahaman seperti itu tidak sepenuhnya salah, tetapi harus dipahami lebih seksama apabila HIV adalah nama dari virus yang menyebabkan suatu penyakit yang bernama AIDS. Lalu apa itu HIV/AIDS itu ?

HIV merupakan suatu singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang pusat kekebalan tubuh dan selanjutnya menjadi penyakit AIDS. Sedangkan AIDS itu sendiri merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Penyakit AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh mengakibatkan penderitanya sangat rentang terhadap berbagai penyakit dan menjadi sangat sukar untuk disembuhkan penyakitnya tersebut. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Kematian tersebut ada saat sistem kekebalan menurun dan timbulah penyakit lainnya yang mematikan seperti kangker, tumor, infeksi dan penyakit lainnya. Selain disebabkan oleh virus HIV, penyakit AIDS juga dapat disebabkan oleh virus SIV, FIV dan virus lainnya (sumber : wikipedia).

Bagaimana penyakit ini bermula dan akhirnya menyebar ? Pertanyaan yang pasti ada di semua benak manusia tentang awal mula penyakit AIDS ini. Awalnya pada tahun 1981 di Amerika Serikat terdapat pelaporan penyakit penurunan kekebalan tubuh pada pasangan gay. Penyakit ini disebut dengan Gay Related Immune Deficiency (GRID). Baru pada tahun 1982 diperkenalkanlah istilah AIDS oleh pusat penanggulangan penyakit USA. Tahun 1984 ditemukan bahwa penyebab penyakit tersebut adalah virus HTLV III dan dua tahun kemudia disepakati virus HIV yang menjadi penyebabnya. Sejak itu penyakit AIDS terus berkembang ke seluruh penjuru dunia. Untuk Indonesia baru pada tahun 1987 ditemukan kasus kematian wisatawan Belanda yang diindikasikan karena penyakit AIDS. Dari saat itu kulang lebih terdapat 20.000 kasus AIDS yang dilaporkan di Indonesia. Virus HIV dapat menjangkit manusia dengan cara - cara seperti :
  • Penularan ibu terjangkit kepada bayinya selama proses kehamilan atau menyusui
  • Melalui hubungan sex bebas terutama oral sex
  • Pemakaian jarum suntik bersama yang telah terinfeksi
  • Tranfusi darah yang tercemar

Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang sudah tertular virus HIV atau malah telah terjangkit AIDS ? Terdapat tes khusus untuk mengecek apakah seseorang sudah tertular virus HIV (HIV positif). Di negara Indonesia terdapat banyak klinik dan rumah sakit yang melakukan tes HIV ini. Selain itu juga terdapat organisasi - organisasi penggiar penyakit AIDS diantaranya Komunitas AIDS Indonesia, ODHA Indonesia, Himpunan Abiasa, Yayasan Spiritia, Yayasan Orbit dan masih banyak organisasi dan yayasan lainnya.

Gambar 02. Ilustrasi Penanaman Pemahaman Hidup Sehat Anggota PMR SMAN 1 BE
Bagi penderita HIV/AIDS dapat menjalani perawatan obat - obatan antiretroviral (ARV). Obat - obatan ini tidak dapat menyembuhkan penderita dari penyakit HIV/AIDS, pengobatan ini hanya dapat menghambat pertumbuhan virus agar harapan hidup penderita dapat menajdi lebih panjang. Satu - satunya jalan agar tidak terjangkit penyakit HIV/AIDS adalah dengan cara menghindari hal - hal yang dapat menyebabkan kita terjangkit, diantaranya :
  • Tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan (seks bebas)
  • Tidak memakai narkoba terutama narkoba suntik
  • Melakukan kegiatan pengobatan dan medis lainnya hanya pada unit medis yang terpercaya
  • Menjalani pola hidup sehat dan berprestasi
Perlu dipahami jika penyakit HIV/AIDS TIDAK MENULAR SAAT KONTAK FISIK dengan penderita HIV/AIDS (ODHA, Orang Dengan HIV/AIDS). Selain hal diatas yang telah kita bahas, maka kemungkinan sangat kecil kita terjangkit HIV/AIDS. Kita dapat berpartisipasi dalam penanggulangan HIV/AIDS dengan minimal menjaga diri kita dari penyakit tersebut dan alangkah lebih baik jika kita dapat mengajak sekitar kita menjauhi HIV/AIDS. Oleh sebab itu "Mari Kita Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya !".

Bagaimana pengunjung sekalian dengan penjelasan kami ? Kami harap dapat membawa manfaat dan membantu kita dalam memerangi penyakit HIV/AIDS serta membuat Indonesia yang sehat tanpa HIV/AIDS. Sekian yang dapat kami sampaikan pada edisi kali ini. See you next edition.

JRC, BE THE ONE . . . .

Gambar 03. Anggota PMR dengan prestasi menjauhi HIV/AIDS.

No comments:

Post a Comment