Monday 18 May 2015

Narkoba dan Penanggulangannya

Salam kemanusiaan . . .

Selamat datang kembali para pengunjung sekalian di blog kami PMR unit SMA Negeri 1 Baleendah. Bagaimana hari anda ? Kami harap hari anda baik dan selalu didalam naungan-Nya. Posting edisi kali ini kami akan mempostingkan tentang narkoba serta penanggulangannya baik mencegah pemakaian maupun penanggulangan penggunanya. Se, let's check this and enjoy our blog.

Gambar 01. Let's "Say No To Drugs !"
Sebelum membahas tentang penanggulangan narkoba, alangkah lebih baik jika kita mengenali terlebihdahulu apa yang dimaksud dengan narkoba. Apa itu narkoba ? Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan obat - obatan berbahaya. Secara khusus, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memperkenalkan istilah lain dari narkoba, yaitu NAPZA. NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (sumber : wikipedia).

Setelah mengenal narkoba, lalu apa saja jenis dari narkoba atau NAPZA tersebut ? Pengertian dari narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Jenis narkotika yang sering disalahgunakan adalah morfin, heroin (putauw), petidin, termasuk ganja atau kanabis, mariyuana, hashis dan kokain,

Lalu psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Jenis psikotropika yang sering disalahgunakan adalah amfetamin, ekstasi, shabu, obat penenang seperti mogadon, rohypnol, dumolid, lexotan, pil koplo, BK, termasuk LSD, Mushroom.

Sedangkan Zat Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem syaraf pusat. Jenis zat adiktif yang sering disalah gunakan adalah alkohol/etanol atau metanol, tembakau, gas yang dihirup (inhalansia) maupun zat pelarut (solven)(sumber : wikipedia).

Apa efek yang ditimbulkan dari NAPZA ? Banyak sekali efek negatif yang timbul dari penggunaan NAPZA. NAPZA dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok berdasarkan efek yang ditimbulkannya. Mulai dari Adiktif (ketergantungan), Halusinogen (berhalusinasi), Stimultan (meningkat-paksakan kerja organ seperti otak dan jantung), Depresan (menekan fungsi sistem syarat dan sistem fungsional tubuh, hingga merusak fungsi organ dan Overdosis yang dapat menyebabkan kematian. Dikutip dari merdeka.com, sekitar dua persen (50 juta) penduduk Indonesia menyalahgunakan narkoba / NAPZA dan sekitar 30 - 50 orang setiap hari meninggal karena penyalahgunaan narkoba / NAPZA tersebut. Kerugian pribadi dan negara pun sangat besar dalam penyalahgunaan narkoba / NAPZA.

Gambar 02. Dampak Penyalahgunaan Narkoba (sumber : BNN)
Apa yang dapat kita lakukan terhadap narkoba dan penyalahgunaannya ? Banyak yang dapat kita lakukan. Tidak hanya pada hal skala besar, tetapi juga pada skala kecil yang dapat kita lakukan. Diantaranya hal yang dapat kita lakukan adalah :
  • Tidak mencoba menggunakan atau menyalahgunakan narkoba / NAPZA
  • Menjauhi narkoba / NAPZA, jauhi barangnya bukan penggunanya yang bisa kita ubah kebiasaannya
  • Mengajak lingkungan sekitar kita menjauhi dan tidak menyalahgunakan narkoba / NAPZA, minimal memproteksi keluarga kita.
  • Berhati - hati dalam mengkonsumsi hal yang kita tidak tau komposisinya. Banyak barang baru sekarang yang disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengedarkan narkoba / NAPZA
  • Melaporkan apabila terjadi penyalahgunaan narkoba / NAPZA kepada pihak yang terkait (sekolah, BNN, kepolisian dan lain - lain)
  • Menganjurkan untuk merehabilitasi pecandu narkoba di sekitar kita. Pecandu dapat disembuhkan dan jangan malu mengakuinya.
  • Menerapkan pola hidup sehat TANPA narkoba / NAPZA
Gambar 02. Perubahan yang terjadi akibat Penyalahgunaan narkoba / NAPZA
Sekian informasi yang dapat kami share bersama dengan anda para pengunjung sekalian. Kami harap dapat memberi manfaat kepada anda sekalian. Nantikan edisi selanjutnya dari kami yang lebih informatif dan komunikatif. Mari Berprestasi Tanpa Narkoba !

JRC, BE THE ONE . . .

Gambar 04. Generasi PMR unit SMAN 1 BE, Berprestasi Tanpa Narkoba !

No comments:

Post a Comment